by

5 Faktor Penentu Harga Cincin Emas

Harga Cincin Emas – Logam mulia atau emas merupakan salah satu perhiasan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi penggemarnya. Salah satu yang paling digemari adalah cincin emas. Perhiasan berupa cincin ini menjadi salah satu aksesoris wajib bagi para wanita, selain itu cincin emas juga identik dengan berbagai urusan asmara misalnya pertunangan atau pernikahan. Dari beberapa alasan tersebut maka banyak orang yang menjadikan cincin emas sebagai simpanan atau aset untuk masa depan. Selebihnya cincin emas banyak dibeli untuk berbagai urusan lain. Bagi Anda yang ingin membeli atau berburu koleksi cincin emas dengan beragam model terbaru, ada baiknya memperhatikan beberapa penyebab naik dan turunnya harga cincin emas berikut:

  1. Produksi Emas Global
harga cincin emas

Faktor pertama yang memengaruhi naik turunnya harga cincin emas adalah pada jumlah produksi emas global. Produsen utama emas di dunia ini ada di beberapa tempat mulaidari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Cina, dan juga Peru. Jumlah produksi emas global ini akan otomatis berpengaruh terhadap harga. Jika permintaan besar namun produksi kecil maka secara pasti harga akan mengalami kenaikan, begitu juga sebaliknya.

Akhir-akhir ini harga emas atau cincin emas naik lantaran semakin hari semakin sulit untuk melakukan penambangan emas. Para penambang mesti melakukan penggalian lebih dalam sehingga berakibat meningkatnya risiko yang mesti ditanggung. Sehingga ongkos produksi juga bertambah yang mengakibatkan kenaikan harga.

  • Nilai Tukar Mata Uang Dollas USA

Anda juga bisa memantau harga cincin emas dari nilai tukar dollar USA. Apabila kurs dollar USA menguat maka harga emas juga kan cenderung turun begitu juga sebaliknya apabila nilai tukar dollar sedang melemah maka harga emas juga akan ikut melonjak. Hal semacam ini dikarenakan oleh kecenderungan berinvestasi dalam bentuk dollar USA saat mata uang ini sedang menguat.

  • Laju Inflasi

Inflasi juga memiliki andil dalam perubahan harga cincin emas di pasaran. Laju inflasi ekonomi yang semakin meningkat maka akan disertai dengan nilai dari emas tersebut. Logam mulia berupa emas memang dipakai untuk pelndungi nilai terhadap laju inflasi. Karena naiknya angka inflasi dengan berlebihan akan terasa sangat merugikan. Uang yang dipunyai menjadi menurun nilainya, sehingga investasi berupa emas akan jauh lebih aman nilainya

  • Perbandingan Permintaan dan Penawaran

Perubahan harga cincin emas juga dipengaruhi oleh hukum ekonomi berupa penawaran dan permintaan. Jika lebih dominan permintaan cincin emas dibandingkan penawarannya, maka harga logam mulia ini akan bergerak naik. Kondisi sebaliknya jika harga emas turun berarti jumlah angka penawaran lebih besar dibandingkan dengan permintaan. Hal ini akan terlihat saar menjelang hari raya maka para peminat cincin emas akan meningkat maka biasanya harga emas juga akan cenderung naik. Sehingga momen ini tidak cukup pas untuk membeli cincin emas lantaran harganya naik.

  • Kondisi Dunia

Faktor terakhir yang memengaruhi naik turunnya harga cincin emas adalah kondisi dunia yang tidak menentu. Kondisi ini meliputi kondisi ekonomi, sosial, politik, keamanan, dan beragam kondisi lainnya yang memengaruhi para investor untuk  menanamkan investasinya. Apabila para investor merasa situasi dunia kedepannya tidak positif maka hal ini akan berimbas pada harga saham. Prinsipnya, dari pada hilang uang karena bermain saham, lebih baik mengalihkan uang investasinya dalam bentuk lain yaitu emas. Jika sudah seperti ini, maka otomatis harga emas di pasaran juga akan ikut merangkak naik.

Demikian tadi pembahasan singkat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi pergerakan harga cincin emas di pasaran. Semoga informasi ini bisa menjadi panduan Anda ketika berniat membeli atau investasi berupa cincin emas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed